15 Cara Memaksimalkan Penggunaan Gambar pada Website

Gambar memainkan peran penting dalam pengalaman pengguna saat mengunjungi website. Mereka membantu mempertajam pesan dan memperkuat identitas merek. Namun, menggunakannya dengan cara yang salah dapat menyebabkan masalah teknis yang dapat memperlambat waktu pemuatan halaman dan mengurangi pengalaman pengguna ketika mengunjungi website. Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan penggunaan gambar pada website Anda.

1. Ukuran yang Tepat

Ukuran gambar yang terlalu besar dapat memperlambat waktu pemuatan halaman dan membuat pengalaman pengguna buruk. Sebaiknya gunakan ukuran yang tepat untuk setiap tampilan dan perangkat. Gunakan perangkat lunak pengeditan gambar seperti Adobe Photoshop atau GIMP untuk menyesuaikan ukuran gambar sebelum mengunggahnya ke website.

2. Format yang Tepat

Format gambar yang berbeda memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Sebagai contoh, JPEG cocok untuk foto dengan banyak warna, sedangkan PNG lebih cocok untuk logo atau grafik dengan warna yang lebih sederhana. Pastikan untuk menggunakan format yang tepat untuk setiap gambar agar dapat diunggah dengan cepat dan tetap terlihat tajam. Selain menggunakan JPEG, JPG, dan PNG, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggunakan format gambar WebP untuk hasil yang lebih optimal. Anda bisa baca selengkapnya mengenai format WebP disini: Keuntungan Menggunakan Format WebP

3. Deskripsi dan Teks Alternatif

Mengoptimalkan gambar untuk SEO juga memerlukan deskripsi dan teks alternatif yang sesuai. Deskripsi gambar harus menjelaskan isi gambar secara singkat dan jelas. Teks alternatif, di sisi lain, harus menjelaskan gambar dengan kata-kata sehingga pengguna yang menggunakan pembaca layar dapat memahami gambar. Pastikan untuk memasukkan kata kunci terkait di deskripsi gambar dan teks alternatif.

4. Kompresi Gambar

Gambar dengan ukuran file besar dapat memperlambat waktu pemuatan halaman. Untuk mengurangi ukuran file gambar, gunakan perangkat lunak pengompres gambar seperti TinyPNG atau Compressor.io. Ini dapat mengurangi ukuran file gambar tanpa mengurangi kualitas gambar.

5. Penggunaan Thumbnail

Penggunaan thumbnail sangat berguna dalam halaman yang berisi banyak gambar. Thumbnail adalah gambar kecil yang menampilkan gambar asli. Ini memungkinkan pengguna untuk melihat gambar sebelum membukanya dalam tampilan penuh. Pastikan untuk mengoptimalkan thumbnail untuk pemuatan halaman yang lebih cepat.

6. Posisi Gambar

Posisi gambar pada halaman web juga penting untuk pengalaman pengguna. Gambar yang ditempatkan di tengah halaman atau dekat teks utama dapat membantu meningkatkan nilai visual dan menarik perhatian pengguna. Namun, gambar yang ditempatkan secara acak di sekitar halaman dapat mengganggu pengalaman pengguna.

7. Menggunakan Galeri Ketika Gambar Ada Banyak pada Satu Halaman

Galeri adalah cara yang baik untuk menampilkan banyak gambar secara efektif. Pastikan untuk mengoptimalkan galeri Anda dengan thumbnail dan deskripsi gambar yang jelas.

8. Menggunakan CDN

CDN atau Content Delivery Network adalah jaringan server yang membantu dalam mempercepat waktu muat website Anda, dalam kasus ini, membantu website dalam memuat gambar dengan lebih cepat. Kenapa bisa lebih cepat? Karena saat menggunakan CDN, gambar Anda akan disimpan pada server terdekat dengan lokasi pengguna, sehingga mempercepat waktu untuk muat gambar dan asset website secara keseluruhan. Selain itu, penggunaan CDN dapat membantu menghemat bandwidth hosting website Anda dan mengurangi beban pada server hosting. Pastikan untuk mempertimbangkan penggunaan CDN saat merancang dan mengoptimalkan website Anda.

9. Konsistensi pada Visual

Penting untuk menjaga konsistensi visual pada semua gambar yang digunakan pada website Anda. Utamakan untuk menggunakan gaya yang sama pada semua gambar yang digunakan, seperti pencahayaan, skema warna, dan ukuran.

10. Periksa Kualitas Gambar

Pastikan untuk memeriksa kualitas gambar sebelum mengunggahnya ke website. Gambar yang buram atau tidak tajam dapat merusak pengalaman pengguna dan mengurangi kepercayaan pada merek Anda.

11. Optimalisasi Nama File

Nama file gambar juga berkontribusi pada optimasi SEO. Gunakan nama file yang deskriptif dan mengandung kata kunci terkait dengan gambar. Ini dapat membantu mesin pencari memahami konten gambar dan meningkatkan impresi gambar di mesin pencari dalam keyword yang relevan.

12. Membuat Sitemap Gambar

Sitemap adalah file XML yang berisi daftar semua halaman pada website Anda. Ini membantu mesin pencari menavigasi website Anda dan memahami struktur konten Anda, termasuk gambar. Pastikan untuk menyertakan sitemap gambar pada website Anda dan memperbarui sitemap secara berkala.

13. Gunakan Atribut Lazy Loading

Lazy loading adalah teknik untuk memuat gambar hanya ketika mereka muncul di tampilan pengguna. Ini dapat membantu mempercepat waktu pemuatan halaman dan meningkatkan pengalaman pengguna. Pastikan untuk mengaktifkan atribut lazy loading pada gambar pada website Anda.

14. Memasang Analitik

Menggunakan pelacak analitik seperti Microsoft Clarity yang mempunyai fitur Recording dapat membantu Anda memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan gambar pada website Anda. Ini dapat membantu Anda mengoptimalkan gambar Anda untuk meningkatkan konversi dan pengalaman pengguna.

15. Memperbarui Gambar Secara Berkala

Terakhir, pastikan untuk memperbarui gambar secara berkala untuk mempertahankan kualitas dan relevansi konten Anda. Ini dapat membantu meningkatkan peringkat SEO Anda dan meningkatkan kepercayaan pengguna pada merek Anda.

Dalam penggunaan gambar pada website, optimisasi teknis dan pengalaman pengguna yang baik adalah kunci. Pastikan untuk mengikuti panduan ini dan memperbarui gambar Anda secara teratur untuk memaksimalkan penggunaan gambar pada website Anda.

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara memaksimalkan penggunaan gambar pada website. Mulai dari ukuran dan format gambar yang tepat, deskripsi dan teks alternatif, hingga penggunaan thumbnail dan galeri, serta cara lainnya. Semoga dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna, sekaligus meningkatkan performa SEO.

Arya Anjar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *