Apa Itu HTTPS dan Bedanya dengan HTTP

Jika Anda telah mengunjungi sebuah situs web, Anda mungkin telah melihat keberadaan kata “HTTPS” pada bilah alamat atau pada tampilan halaman. HTTPS adalah protokol keamanan untuk pertukaran data melalui internet. 

HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Ini adalah protokol komunikasi untuk jaringan komputer yang aman dan dienkripsi untuk menghindari intersepsi oleh pihak ketiga. HTTPS digunakan untuk mengamankan data yang ditransmisikan melalui internet seperti informasi pribadi, kata sandi, dan transaksi keuangan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang HTTPS, dan mengapa ini penting untuk website Anda.

Cara Kerja HTTPS

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah protokol komunikasi yang digunakan di internet untuk melindungi privasi dan integritas data pengguna. HTTPS memastikan bahwa informasi yang ditransfer antara pengguna dan situs web yang mereka kunjungi tidak dapat diakses oleh pihak ketiga yang tidak diizinkan.

Proses HTTPS dimulai dengan klien (biasanya browser web) mengirim permintaan HTTPS ke server. Server kemudian mengirimkan sertifikat digital yang memverifikasi identitasnya kepada klien. Sertifikat digital ini dikeluarkan oleh otoritas sertifikat (CA) yang terpercaya, seperti VeriSign atau Comodo. Nama lain sertifikat digital ini adalah Secure Sockets Layer (SSL). Jika Anda tertarik membaca lebih jauh tentang SSL, Anda bisa  lanjut baca artikel berikut ya: Apa Itu SSL?

Nah lalu, setelah klien menerima sertifikat, browser akan memverifikasi bahwa sertifikat tersebut valid dan berasal dari CA yang terpercaya. Jika sertifikat tersebut valid, maka browser akan menginisiasi koneksi aman dengan server menggunakan kunci publik yang terkandung dalam sertifikat.

Setelah koneksi aman terbentuk, informasi yang ditransfer antara klien dan server dienkripsi menggunakan protokol enkripsi seperti Transport Layer Security (TLS). Enkripsi ini membuat informasi yang ditransfer tidak dapat dibaca oleh pihak ketiga yang tidak berwenang.

Dalam halaman web HTTPS, URL akan dimulai dengan “https” dan terdapat ikon gembok hijau di bilah alamat browser. Ini menunjukkan bahwa situs web tersebut aman dan informasi yang ditransfer antara klien dan server dienkripsi.

Karena HTTPS memberikan lapisan keamanan tambahan, ini sangat penting dalam situasi di mana informasi sensitif seperti kata sandi, nomor kartu kredit, atau informasi pribadi lainnya ditransfer melalui internet. Dengan menggunakan HTTPS, pengguna dapat merasa lebih aman saat melakukan transaksi online dan berkomunikasi secara online dengan situs web yang aman.

Bedanya HTTP dan HTTPS

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Ini adalah protokol komunikasi untuk jaringan komputer yang memungkinkan transfer data antara klien dan server. HTTP adalah protokol standar untuk pertukaran data pada web, yang memungkinkan pengiriman dokumen HTML dari server ke browser.

Namun, HTTP tidak aman dan tidak dapat menjamin kerahasiaan dan keutuhan data. Setiap kali data dikirim melalui HTTP, data tersebut dapat diakses oleh pihak ketiga yang mungkin memata-matai data yang dikirim. Oleh karena itu, HTTPS digunakan sebagai alternatif yang lebih aman untuk HTTP.

Dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya pada bagaimana cara kerja HTTPS, data yang dikirim melalui HTTPS dienkripsi menggunakan kunci publik dan kunci pribadi. Kunci publik digunakan untuk mengenkripsi data, sementara kunci pribadi digunakan untuk mendekripsi data. Kunci publik dan kunci pribadi biasanya disimpan dalam sebuah SSL/TLS certificate yang mempersulit pihak ketiga untuk melakukan hal yang tidak diinginkan.

Manfaat Penting Mengaktifkan HTTPS di Website Anda

Terdapat banyak keuntungan dalam menggunakan HTTPS untuk website Anda. Apa saja itu? Yuk lanjutkan membaca.

1. Keamanan Data yang Lebih Baik

HTTPS menjamin keamanan data yang ditransmisikan melalui internet dengan mengenkripsi data tersebut. Ini membuat sulit bagi pihak ketiga untuk membaca atau memanipulasi data yang dikirim melalui internet. Dengan menggunakan HTTPS, Anda dapat menjamin keamanan data dan mencegah akses yang tidak sah.

2. Manfaat SEO

Google memberikan peringkat lebih tinggi untuk website yang menggunakan HTTPS. Dengan menggunakan HTTPS, Anda dapat meningkatkan SEO website Anda dan meningkatkan visibilitasnya di mesin pencari.

3. Meningkatkan Kepercayaan Pengguna

Ketika pengguna melihat bahwa website menggunakan HTTPS, mereka akan merasa lebih aman dan percaya dengan website tersebut. Ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan pengguna dan memperkuat citra merek Anda.

4. Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

HTTPS dapat meningkatkan kinerja website Anda dan meningkatkan kecepatan loading halaman. Hal ini dapat membantu memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan meningkatkan interaksi pengguna dengan website Anda.

Tahapan Implementasi HTTPS

Untuk mengimplementasikan HTTPS pada website Anda, Anda harus menginstal sertifikat SSL/TLS pada web server. Sertifikat SSL/TLS memungkinkan enkripsi data dan memastikan bahwa data yang ditransmisikan aman. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Memilih Jenis SSL/TLS

Sertifikat SSL/TLS diperlukan untuk mengimplementasikan HTTPS pada website Anda. Sertifikat ini biasanya dikeluarkan oleh Certificate Authority (CA) dan mengandung informasi tentang kunci publik dan kunci pribadi. Ada banyak jenis SSL yang ditawarkan,, bahkan beberapa CA menawarkan sertifikat SSL/TLS gratis, sementara yang lainnya memungut biaya. Pastikan untuk memilih CA yang terpercaya dan menggunakan sertifikat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Mendapatkan SSL/TLS

Setelah memilih jenis SSL yang cocok dengan kebutuhan Anda, lanjut dengan memperoleh sertifikat SSL/TLS dari CA.

3. Instalasi sertifikat SSL/TLS

Setelah Anda memperoleh sertifikat SSL/TLS, Anda harus menginstalnya pada web server Anda. Instalasi sertifikat SSL/TLS akan berbeda-beda tergantung pada web server yang Anda gunakan. Namun, umumnya proses ini melibatkan pengunggahan sertifikat ke server dan mengonfigurasi server untuk menggunakan sertifikat tersebut.

Buat Website Anda Lebih Aman Dengan HTTPS

Dalam era digital saat ini, keamanan data menjadi sangat penting. Baik website personal atau website perusahaan Anda, dengan menggunakan HTTPS, Anda dapat memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi dan meningkatkan kepercayaan pengguna. 

Selain itu, seperti yang dijelaskan sebelumnya juga HTTPS dapat memberikan manfaat SEO dan meningkatkan pengalaman pengguna. Jangan ragu untuk mengimplementasikan HTTPS pada website Anda dan memberikan keamanan yang lebih baik bagi pengunjung Anda!

Setelah mengaktifkan HTTPS, untuk jaga-jaga, saatnya Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah HTTPS tidak bisa diaktifkan atau SSL sudah expired di artikel berikut: Tanda-Tanda SSL Certificate Expired dan Cara Mengatasinya

Arya Anjar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *