2 Jenis Plugin Yang Wajib Dipasang pada WordPress Anda

Jika website Anda menggunakan WordPress, penggunaan plugin adalah salah satu elemen yang tak terhindarkan. Jadi, apa itu plugin? Plugin adalah sebuah aplikasi tambahan yang dapat Anda pasang ke situs WordPress Anda. Mereka biasanya berguna untuk menambahkan fitur dan fungsi tambahan yang tidak ada dalam instalasi standar WordPress.

Maka, dari sekian banyak plugin yang ada, kami menyarankan setidaknya Anda memasang 2 jenis plugin berikut yang bagus untuk menjaga keamanan website, yuk cari tahu plugin apa saja yang dimaksud!

Plugin Untuk Keamanan Situs

Berikut adalah daftar plugin yang dapat membantu Anda dalam menjaga keamanan situs website:

Sucuri Security – Freemium

Sucuri Security adalah plugin keamanan WordPress yang sangat terkenal dan andal. Ini menyediakan pemindaian keamanan, pemantauan integritas situs web, dan perlindungan DDoS. Plugin ini juga memungkinkan Anda memblokir IP berbahaya dan menerapkan aturan firewall yang disesuaikan. Selengkapnya tentang Sucuri bisa Anda baca disini: https://sucuri.net/website-malware-removal/

Wordfence Security – Freemium

Wordfence Security adalah plugin keamanan WordPress yang kuat. Ini melindungi situs web Anda dari ancaman keamanan, serangan DDoS, dan upaya peretasan. Beberapa fitur pada WordFence meliputi:

  • WAF (Web Application Firewall) – Wordfence melindungi website Anda dengan mendeteksi dan mencegah serangan peretas yang berpotensi merusak sistem website.
  • Deteksi Malware – Plugin ini dapat memindai dan mengidentifikasi file-file yang terinfeksi malware atau script yang dapat membahayakan website Anda.
  • Proteksi Serangan Brute Force – Dengan membatasi dan memantau percobaan login, Wordfence melindungi situs web Anda dari serangan brute force yang mencoba menebak kata sandi secara beruntun.
  • Pelacakan Aktivitas – Wordfence merekam dan melacak aktivitas pengguna yang berhasil login, termasuk upaya login yang gagal, untuk membantu mendeteksi dan mencegah aktivitas yang dapat merusak website.

Wordfence menyediakan fitur yang lebih banyak lagi untuk versi premiumnya, harga paket yang ditawarkan mulai dari $199/tahun. Jika Anda tertarik membeli license premium nya, cek disini saja ya: https://www.wordfence.com/products/pricing/

Jetpack – Freemium

Jika Sucuri masih terlalu biasa dan fitur Wordfence masih belum cukup. Maka, Jetpack bisa menjadi plugin WordPress yang wajib Anda install. Selain menambahkan lapisan keamanan seperti pada Wordfence, Jetpack juga menyediakan statistik website yang memantau jumlah kunjungan dan halaman yang paling banyak dilihat.

Fitur menarik lainnya dari plugin keamanan ini yang tidak dimiliki plugin sebelumnya adalah:

  • Fitur Manajemen Plugin – Jetpack bisa memperbarui plugin yang terinstall secara otomatis serta memungkinkan Anda mengaktifkan dan menonaktifkannya tanpa mengakses dashboard WordPress.
  • Single Sign-On dari WordPress.com – pengunjung dan Anda bisa menggunakan kredensial WordPress.com untuk mendaftar dan login ke website WordPress self-hosted.
  • Meningkatkan Performa Website – Jetpack memiliki fitur yang bisa mempercepat dan mengurangi waktu loading website dengan menggunakan CDN dan lazy loading untuk gambar,.
  • Aplikasi Dashboard di Smartphone – Anda bisa menerima notifikasi penting, melihat statistik website, dan mengakses fitur Jetpack lainnya di smartphone Anda.

Perbedaan dari versi gratis dan premium Jetpack terletak pada histori aktivitas  yang terjadi. Pada versi gratis, Anda hanya bisa melihat hingga 20 aktivitas terbaru. Untuk melihat aktivitas dari 30 hari terakhir, Anda harus membeli salah satu paket premium Jetpack dengan biaya antara $4,77/bulan, atau sebesar $47,97 untuk periode langganan selama setahun. Selengkapnya mengenai paket dan fitur Jetpack bisa Anda cek disini: https://cloud.jetpack.com/pricing

Plugin Untuk Backup Situs

Membackup website adalah salah satu langkah yang sangat penting, bahkan bisa dibilang wajib. Langkah ini akan meminimalkan risiko kehilangan data apabila terjadi crash sistem, kerusakan hard drive, atau masalah keamanan.

Cara tercepat untuk mencadangkan data website adalah dengan menggunakan plugin, berikut adalah daftar plugin untuk melakukan backup situs website Anda untuk mengurangi resiko kehilangan data apabila terjadi sesuatu.

UpdraftPlus

UpdraftPlus adalah plugin WordPress yang membantu pemilik website untuk melakukan backup dan restore website mereka dengan mudah. Plugin ini memungkinkan pengguna untuk melakukan backup secara manual atau otomatis dengan jadwal yang ditentukan oleh pengguna. Selain itu, UpdraftPlus juga memungkinkan pengguna untuk menyimpan backup ke penyimpanan cloud seperti Dropbox, Google Drive, Amazon S3, dan lainnya

Fitur lain yang ditawarkan plugin backup WordPress ini adalah:

  • Pelaporan email – Anda bisa meminta plugin ini mengirimkan email untuk memberi tahu Anda saat proses backup selesai.
  • Restore sebagian – user juga bisa memilih bagian cadangan mana yang akan dipulihkan, tidak harus semuanya. Fitur ini akan sangat berguna kalau Anda ingin me-restore plugin tanpa harus mengubah database saat ini.
  • Lihat konten backup – Anda bisa melihat-lihat konten arsip file backup menggunakan pencarian cepat UpdraftPlus.
  • Penyimpanan Cloud yang Lebih Banyak – Dengan membeli versi premium, Anda dapat menyimpan backup langsung ke Microsoft OneDrive, Microsoft Azure, Google Cloud Storage, Backblaze B2, SFTP, SCP, pCloud dan WebDAV.

Anda bisa membeli versi premiumnya untuk mengakses fitur-fitur canggih, seperti menambahkan beberapa tujuan dan memigrasi website. Harga paket premium UpdraftPlus dimulai dari $70/tahun. Anda bisa lihat paket yang ditawarkan disini ya: https://updraftplus.com/shop/updraftplus-premium/.

All-in-one WP Migration

Sama seperti Updraftplus, All-in-One WP Migration juga merupakan plugin WordPress yang memungkinkan pemilik website untuk melakukan migrasi situs web dengan mudah dan cepat. Berikut adalah beberapa fitur standar yang ditawarkan oleh plugin All-in-One WP Migration:

  • Migrasi situs web dengan mudah dan cepat.
  • Tidak ada batasan ukuran file.
  • Plugin ini mendukung semua jenis hosting.
  • Plugin ini mendukung semua jenis server.
  • Plugin ini mendukung semua jenis PHP.
  • Plugin ini mendukung semua jenis MySQL.
  • Plugin ini mendukung semua jenis tema WordPress.
  • Plugin ini mendukung semua jenis plugin WordPress.

Untuk versi premiumnya, All-in-One WP Migration menawarkan beberapa fitur tambahan seperti:

  • Migrasi ke cloud storage seperti Google Drive, Dropbox, Amazon S3, OneDrive dll.
  • Migrasi ke FTP atau SFTP server.
  • Migrasi ke server lokal atau jaringan lokal.
  • Migrasi ke server baru dengan URL yang berbeda.

Harga untuk versi premium ini adalah $69, Anda dapat membeli versi premium dari plugin All-in-One WP Migration dengan mengunjungi situs web resmi mereka di sini: https://servmask.com/products/all-in-one-wp-migration-unlimited-extension/.

Itulah beberapa plugin yang memiliki fungsi penting untuk menjaga website Anda dari beberapa hal-hal yang tidak diinginkan, serta menanggulangi website jika terjadi kerusakan akibat dari serangan hacker. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!

Arya Anjar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *