Cara Redirect HTTP ke HTTPS di WordPress

Jika Anda menggunakan WordPress, maka penting untuk memastikan bahwa website Anda aman. Salah satu caranya adalah dengan memastikan bahwa alamat URL web Anda sudah dienkripsi menggunakan protokol HTTPS. HTTPS dapat membantu mencegah data yang dikirim antara pengguna dan website diintip atau dicuri oleh hacker.

Jika website Anda masih menggunakan protokol HTTP, maka Anda dapat melakukan redirect lalu lintas ke HTTPS dengan cara yang relatif mudah. Kami akan membahas tiga cara melakukan redirect HTTP ke HTTPS di WordPress. Namun sebelum Anda melakukan redirect HTTP ke HTTPS, pastikan situs sudah dipasangi sertifikat SSL yang valid, selengkapnya mengenai sertifikat tersebut bisa Anda baca disini: Apa Itu SSL?

Pengertian Redirect HTTP ke HTTPS

Redirect HTTP ke HTTPS adalah proses pengalihan arus lalu lintas website dari protokol HTTP ke HTTPS. Ini sangat penting karena protokol HTTPS lebih aman dan melindungi website Anda dari serangan hacker. Setelah redirect dilakukan, maka semua permintaan yang diterima oleh server diarahkan ke URL yang menggunakan protokol HTTPS. 

Untuk melakukan redirect ke HTTPS, ada beberapa hal yang Anda perlu persiapkan, yaitu:

  • Akses untuk masuk ke dashboard sebagai admin WordPress
  • Akses untuk memasuki control panel hosting
  • Sudah memasang sertifikat SSL/TLS.

Ketiga hal diatas sangat penting Anda miliki atau lakukan untuk kelancaran proses redirect serta bila terjadi kesalahan, Anda bisa memperbaikinya dengan cepat.

Kenapa HTTPS Lebih Penting Daripada HTTP?

HTTPS lebih penting daripada HTTP karena melindungi pengunjung website Anda dari serangan peretasan, membantu memperkuat keamanan website, dan juga dapat meningkatkan peringkat SEO di mesin pencari seperti Google. Jika tertarik membaca lebih jauh mengenai perbedaan antara HTTP dan HTTPS, bisa melihat artikel berikut: Bedanya HTTP dan HTTPS

Cara Melakukan Redirect HTTP ke HTTPS di WordPress

Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan redirect HTTP ke HTTPS di WordPress.

1. Menggunakan Plugin WordPress

Salah satu cara paling mudah untuk melakukan redirect HTTP ke HTTPS adalah dengan menggunakan plugin WordPress. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Install dan aktifkan plugin “Really Simple SSL” di WordPress.
  2. Cari dan klik menu setting -> SSL.
  3. Pada halaman plugin, Anda akan melihat pesan “Go ahead, activate SSL!” jika redirect ke HTTPS belum aktif.
  4. Setelah diaktifkan, plugin akan melakukan redirect otomatis dari HTTP ke HTTPS.

Selamat! Website Anda sudah memakai protokol HTTPS. Untuk memastikan bahwa redirect telah berhasil dilakukan, coba akses website Anda melalui URL HTTP. Jika berhasil, maka website akan dialihkan secara otomatis ke URL HTTPS.

2. Mengubah Pengaturan Address WordPress Secara Manual

Cara lain untuk melakukan redirect HTTP ke HTTPS adalah dengan mengubah pengaturan WordPress. Langkah ini cocok dilakukan pada instalasi WordPress yang masih fresh, karena bisa mengubah struktur link pada website Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Login ke WordPress dan pilih “Settings” di menu.
  2. Pilih “General” dan ubah URL WordPress Anda dari HTTP ke HTTPS. Misal dari https://mauweb.id menjadi https://mauweb.id.
  3. Klik “Save Changes” untuk menyimpan perubahan.

Sama seperti pada cara pertama, coba akses website Anda melalui URL HTTP. Jika berhasil, maka website akan dialihkan secara otomatis ke URL HTTPS.

3. Redirect dengan Mengubah File .htaccess di Server

Jika telah menerapkan cara nomor dua, dan webiste masih menampilkan HTTPS, Anda juga dapat melakukan redirect HTTP ke HTTPS dengan mengubah file .htaccess di server Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Login ke dashboard kontrol panel hosting Anda.
  2. Jika kontrol panel hosting Anda adalah cpanel, pilih menu File Manager.
  3. Buka folder public_html dan cari file .htaccess di direktori root website Anda.
  4. Klik kanan file .htaccess, kemudian pilih pilihan Edit.
  5. Tambahkan kode berikut  di bawah ini pada baris bawah # END WordPress pada file .htaccess:
RewriteCond %{SERVER_PORT} 80
RewriteRule ^(.*)$ https://www.namadomain.com/$1 [L,R=301]

Pastikan www.namadomain.com diganti dengan nama domain yang Anda miliki!

  1. Simpan file .htaccess dan coba akses website Anda melalui URL HTTP. Jika berhasil, maka website akan dialihkan secara otomatis ke URL HTTPS.

Jika semua tahap Anda ikuti dengan baik, maka website sudah berhasil Anda redirect dari HTTP menjadi HTTPS. Namun, kalau terjadi error Anda dapat menghapus kode yang sudah ditambahkan untuk membalikkan keadaan website seperti semula. Jika masalah masih berlanjut, hubungi support hosting Anda untuk mendapatkan bantuan.

Yuk Gunakan HTTPS di Website Anda Sekarang!

Jika Anda ingin memastikan keamanan website WordPress Anda, maka sangat penting untuk melakukan redirect HTTP ke HTTPS. Dalam artikel ini, kami telah membahas tiga cara yang berbeda untuk melakukan redirect tersebut, yaitu menggunakan plugin WordPress, mengubah pengaturan WordPress, dan mengubah file .htaccess di server Anda.
Cara yang kami sarankan adalah menggunakan plugin WordPress seperti “Really Simple SSL” karena lebih mudah dan cepat. Tetapi, sebelum melakukan redirect HTTP ke HTTPS atau melakukan perubahan lainnya, pastikan untuk selalu melakukan backup website agar terhindar dari kehilangan data penting. Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan hal ini, Anda dapat menghubungi kami untuk mendapatkan layanan website maintenance dimulai dari 400 ribu saja! MAUWEB akan melakukan perawatan terhadap website Anda sehingga sistemnya terupdate dan jauh dari serangan hacker, jika tertarik, kunjungi halaman berikut ya: Jasa Maintenance Website

Arya Anjar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *